YENI FATMAWATI: DI USIA EMAS MEMPILAR BUMI

Yeni fatmawati

Lomba Video Membaca Puisi Hijau Papatong Award 2021 yang diselenggarakan oleh Yeni Fatmawati, yang empunya Papatong Art Space telah usai digelar. Nama-nama para pemenangnya telah diumumkan 22 April 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Bumi.Sedunia. Berhubung pandemi Covid-19 belum mereda maka pengumuman lomba digelar melalui zoom meeting, dihadiri oleh beberapa Dewan Juri, para sponsor dan peserta lomba. Meskipun tiada tatap muka acara tersebut terselenggara dengan sukses.

Pelestarian Bumi Bernuansa Sastrawi

“Acara ini benar-benar menarik dan membawa misi-visi mulia karena bertujuan untuk pelestarian bumi melalui sastrawi dan kearifan lokal. Mbak Yeni Fatmawati dan Mbak Naning Pranoto sebagai penggagas kiranya perlu melanjutkan lomba ini selamanya.” Tegas Maman S. Mahayana selaku kritikus sastra dan juga sebagai salah seorang Dewan Juri Lomba.

“Kami memang mengajak siapa saja agar peduli pada pelestarian Bumi. Mari bergabung dengan kami sebagai sahabat Papatong!” Ajak Yeni Fatmawati dalam sambutannya.

Baginya, lomba yang ia selenggarakan merupakan penanda pada ulang tahunnya yang ke 50. Pada usia emasnya ia memantapkan diri sebagai penjaga Bumi melalui puisi, lukisan dan gerakan menanam pohon di lahan kritis. Untuk mewujudkannya pada tahap awal ini ia menggandeng Yayasan Sebumi dan The Body Shop. Ada sebanyak 1.000 pohon yang siap ditanam. Jenisnya antara mahoni, eucalyptus, suren dan manii. Saat ini masih mencari lahan yang akan dihijauka. Yeni berharap pohon-pohon tersebut bisa ditanam bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup maupun pada Hari Pohon Sedunia tahun ini.

Siapa yang Empunya Pohon?

Yeni mempunyai ide cemerlang dalam pelaksanaan penanaman 1.000 pohon yang telah digenggamnya.

“Pohon-pohon tersebut kami.bagikan kepada para pemenang lomba. Waktu pohon ditanam, nama para pemenang lomba dicantumkan pada pohon tersebut. Bahkan jika memungkinkan situasinya, para pemenang kami ajak menanam pohon yang menjadi hak hadiah mereka.” Tegasnya.

Para pemenang lomba Kategori A dan Kategori B semuanya mendapat hadiah pohon selain uang tunai. Nama,-nama Para Pemenang Utama maupun favorit tercantum dalam poster terlampir atau akses ke www.rayakultura.net dan IG PAPATONG AWARD 2021.

Saya, Naning Pranoto selaku.Ketua Yayasan Rayakultura dan secara pribadi sebagai mitra Yeni Fatmawati dalam menjaga pelestarian Bumi sangat mengapresiasi langkah-langkah Yeni. Betapa tidak? Ia begitu legowo mengeluarkan dana untuk ‘merayakan’ usia emasnya tidak untuk pesta pora berhura-hura. Tapi untuk mempilar Bumi dengan Gerakan Penghijauan, sebagai dedikasi pada Tanah Air yang dilandasi rasa syukur kepada Allah SWT-Pencipta Semesta.

Saya juga mengapresiasi para sahabat saya Shinta Miranda Andre Birowo dan Daniel Wisnu Wardana Bambang Kariyawan Nuyang Jaimee serta Dik Ditta yang all-out menangani lomba, hingga mencapai hasil yang cemerlang.

Saya ucapkan terima kasih pada seluruh peserta lomba dan selamat meraih prestasi gemilang pada para pemenang.🍀🙏

Mari kita terus berjuang untuk melestariian Bumi rumah kita satu-satunya.

MENCINTAI BUMI
LANGIT MENYAYANGI!


Ingin berlangganan artikel? Isi kolom berikut ini (gratis).


Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
[contact-form-7 404 "Not Found"]
Pioneer Creatitive Writing By Zoom
%d bloggers like this: