Wisata | Melalang di Negeri Awan: New Zealand

Botanic Garden  Christchurch


Semua menyenangkan! Itulah pengalaman saya melalang ke New Zealand yang dikenal dengan sebutan Negeri Awan.  Sebutan tersebut berasal dari Bahasa Maori, Aotearoa, penduduk asli negeri tersebut. New Zealand juga dikenal dengan sebutan Negeri Kiwi – karena penghasil buah kiwi. Tapi, selama saya di New Zealand empat minggu justru  lebih terkesan pada buah  persimmon atau kesemek. Karena saya berkesempatan memetik buah tersebut di kebun milik pasangan warior yang sangat ramah. Berikut ini beberapa catatan kecil saya.

Warior Aktif dan Energik

Mike, saya, Angela dan Timothy

Menjenguk anak dan menantu. Itulah tujuan utama saya ke New Zealand (NZ)  pada bulan April hingga Mei yang lalu. Saya ditemani anak bungsu saya, Mike,menjenguk anak perempuan saya Angela Meliyana yang menikah dengan Timothy O’Flaherty. Senanglah, saya selama di NZ ditemani jalan-jalan oleh putri  dan menantu saya.        Mereka ambil cuti agar bisa menemani saya dan Mike mengunjungi beberapa tempat indah di NZ. Dari awal perjalanan ada satu hal yang mengesankan saya, yaitu menyaksikan para warior di NZ yang umumnya aktif, energik dan mandiri. Mereka sehat-sehat dan dokter memperbolehkan mereka makan apa saja  alias tanpa pantangan.

Mengunjungi Kebun Kesemek Milik Warior

Putri dan menantu saya tinggal di Hamilton City, kota metropolitan terbesar ke 4 di NZ. Kota tenang dan banyak kebun. Salah satu kebun yang saya kunjungi di Matangi adalah milik sepasang suami-istri yang sudah  sepuh. Mereka membuka kebunnya untuk umum, ditanami pohon kesemek yang berbuah lebat. Untuk masuk ke kebun ini gratis dan boleh memetik kesemek semaunya untuk dinikmati sambil bersantai. Saya pun memetiknya dengan penuh semangat dan makan buah kesemek yang sangat manis sepuas-puasnya. Sisanya saya bawa pulang dengan syarat ditimbang dahulu dan dibayar sesuai dengan berat timbangannya. Sungguh mengesankan.

Buah kesemek mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan yang memiliki manfaat untuk mengurangi radikal bebas dan melawan penuaan dini. Vitamin A, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin merupakan senyawa penting yang berperan dalam hal ini. (Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-kesemek/)

Sewa Mobil dan Sewa Rumah – Harga Murah

Selama di NZ putri saya mengajak saya mengunjungi ke berbagai tempat obyek wisata yang memukau. Antara lain ke Christchurch, Milford Sound, Queenstown, Rotorua,  dan Lake Tekapo. Untuk mencapai obyek wisata dari satu tempat ke tempat lainnya kami menyewa mobil per hari 50 dolar NZ dan sewa rumah penginapan rata-rata per malam 150 dolar NZ. Rumah yang kami sewa relatif besar dengan tiga kamar,  kebun sangat luasndan sangat bersih lingkungannya.  Rumah tersebut dilengkapi dengan dapur dan peralatannya, sehingga kami bisa memasak sesuai selera. Yang lebih asyik adalah, kami juga bisa memetik apel sepuasnya. Yang mengesankan adalah, rumah yang kami sewa tidak ada penjaganya. Kunci ditaruh di suatu tempat yang bisa kami ambil saat tiba dan kami simpan di tempat yang sama saat kami meninggalkan rumah. Tenang dan aman. Begitu pula kala memulangkan mobil yang kami sewa, begitu mudah. Hanya menyerahkan kunci dan lapor bahwa besin telah kami isi penuh seperti ketika kami ambil untuk disewa. Tidak ada tanya-jawab, kecuali ucapakan terima kasih yang sangat ramah dan sopan.

Naik Tram Kuno yang Dikelola Warior

Kami mengunjungi Kota Christchurch. Kota yang pernah digoncang gempa bumi dahsyat akhir Desember 2011 itu,  memberi kenangan indah  dan pelajaran berharga bagi saya. Yaitu, saya keliling kota dengan naik tram kuno yang dikemudikan oleh seorang lelaki warior yang sangat sepuh. Istrinya, yang juga sepuh melayani penjualan karcis. Sungguh, pasangan yang serasi. Wajah mereka membunga bahagia. Dalam hal ini memberi pelajaran pada saya bahwa usia lanjut pun masih bisa produktif dan memberi pelayanan kepada masyarakat. Hal ini akan baik sekali bila diterapkan di Indonesia.

Selain naik tram, di kota ini saya juga mengunjungi berbagai puing-puing bangunan korban gampa bumi dahsyat yang pernah melandanya delapan tahun silam. Antara lain saya mengunjungi sebuah bangunan gereja. Saya dengar, bangunan-bangunan yang runtuh sengaja tidak dibangun dan justru dijadikan obyek wisata.

Berendam di Kolam Lumpur  Belerang

Berendam di kolam belerang

Sungguh beruntung, saya bisa mengunjungi kota terindah di NZ yaitu Rotorua yang terletak sekitar 105 KM di tenggara Hamilton City. Di sini saya bisa menyaksikan pemandangan langit yang sangat biru di kelilingi pegunungan. Rotorua sudah sejak lama terkenal dengan obyek wisata air panas alami. Sehingga cocok menjadi tempat peristirahatan untuk bersantai keluarga, apalagi bagi warior yang mendambakan ketenangan. Tanpa ragu,  saya pun  berendam dalam kolam mineral beruap sambil menikmati pemandangan spektakuler Danau Rotorua. Tubuh yang semula pegal-pegal dan  persendian yang terasa kaku menjadi lentur dan nyaman setelah berendam di kolam yang dikenal sebagai ‘kolam lumpur belerang’. Di setiap kolam punya suhu panas yang berbeda. Saya memilih kolam yang airnya bersuhu hangat. Sehingga membuat betah berendam. Kolam yang bersuhu panas, terlihat sangat beruap.

Terpana Keajaiban Dunia

Penuh puji syukur, dengan  didampingi anak-anak dan menantu saya   bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah di Milford Sound yang dijuluki sebagai ‘Keajaiban Dunia ke 8’. Sulit saya lukiskan dengan kata-kata keindahan yang membuat saya sungguh terpana. Adalah sebuah danau yang dikelilingi gunung-gunung batu seperti kerucut. Langitnya sangat biru, flora dan fauna khas NZ ada di tempat ini dan sekitarnya.  Kami naik cruise untuk menjelajah keindahan Milford Sound.  Saya merasa kecil berada di Maha Ciptaan-Nya.

Demikian sekelumit catatan saya. Salam sehat untuk semua sahabat pembaca Warior.

Editor     : Naning Pranoto

Foto/Video: Mikael Agung Prananto                 


Ingin berlangganan artikel? Isi kolom berikut ini (gratis).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
[contact-form-7 404 "Not Found"]